Archive for the ‘CERITA KALIAN’ Category

API UNGGUN

Posted: Agustus 11, 2014 in CERITA KALIAN
Tag:, , , ,

                             images   Salam Rimba, salam pelestarian penikmat alam. Hai – hai sahabat alam semua apakabar?. Maaf admin sudah lama sekali tidak memberi review tentang wisata alam lainya nih, maklum mimin baru jadi penganten baru jadi belm sempet halan – halan lagi hehe..
Untuk mengisi kekosaongan, kali ini saya coba untuk mengulas asal usul api unggun, tau dong api unggun?. Iya acara ini biasanya tak pernah lupt dari setiap acara perkemahan atau kumpul – kumpul bareng ketika kita bikin perkemahan. Kalian tahu enggak asal usulnya gimana? Kalo eggaktahu yuk mari kita simak ya!
Api unggun tebuat dari kayu- kayu / atau ranting yang disusun bentuk pyramid atau kubus yang dimaksudkan agar ada ruang untuk oksigen bias bergerak. Dahulu kala api unggun digunakan manusia untuk melindungi diri ketika ada dihutan sebagai pelindung diri, baik dari cuaca atau binatang buas, selain itu juga digunakan untuk memasak masakan mereka. Pada perkembangan jaman api unggun sekarang banyak di gunakan dalam berbagai kegiatan outdoor/ perkemahan, yang gunanya untuk acara mempererat persaudaraan antara peserta perkemahan, dimana dalam acara tersebut di isi dengan pentas seni atau hal lain yang bias mengakrabkan antara satu dan yang lain. .
Api unggun memeng menyenangkan dan menghangatkan, tapi ingat api tetaplah api dan itu berbahaya, jadi jika kita membuat api unggun jangan berlebihan sehingga bias menimbulkan kebakaran, dan merusak ekosistem. Gunakanlan api dengan bijak maka kita akan dapat banyak manfaatnya…
Nah segitu dulu ya…kalo ada yang kurang boleh kalian tambahkan dikolom komentar . sampai jumpa. Salam rimba. Salam pelestarian penikmat alam 

Nb: jika ada yang punya cerita seru petualangan kalian bias juga share disini dengan kirim artikel ke emal admin 

Iklan

Eid Mubarak

Posted: Agustus 7, 2013 in CERITA KALIAN
Tag:, , , ,

Assalamualaikum WR Wb
salam rimba
Alhamdulillah sahabat alam kita bisa sampai pada bulan kemenangan
jika kami ada salah, khilaf atau tulisan yang menyinggung dimaafkan yak

andai jemari tak sempat berjabat
andai raga tak dapat bertatap
andai alat komunikasi terhambat
seiring beduk bertalun seruan takbir yang bergema berkumandang
masih ada doa yang slalu aku panjatkan
ku haturkan salam menyambut
hari raya idul fitri
jika ada kata serta khilaf baik kata atau tulisan
mohon di maafkan

sahabat


          sur

      Hai sahabat alam jumpa lagi di episode kelanjutan survival, hehe sebelumnya tak bosannya aku sapa kalian dulu “ salam rimba salam persahabatan dan pelestarian alam raya” (lebay oyy). Stiil remember “ jangan tinggalkan apapun kecuali jejak dan kenangan, jangan ambil apapun kecuali gambar” jika kita berada di alam ok

            Gak usah lama lama lagi yah,! Ni aku pengen lanjutin share tentang survival, untuk yang sekarang bagaimana sih cara cara mengatasi kendala yang ada di alam yang sedang kita hadapi, contohnya binatang, cuaca, dan lain sebagainya?, pengen tahu enggak “mau banget?” sebenarnya simple aja kalo kita dalam keadaan darurat di alam, kita harus tenang, berpikir logis dan buat rencana apa saja yang akan kita lakukan dan butuhkan, untuk survival intinya kan agar kita bisa bertahan sampai kita berada pada keadaan yang sangat baik, iya to? Sedangkan survival itu ada kebutuhan dasarnya yang perlu kita ketahui di antaranya, air, makanan, tempat berlindung, dll lagi dah. Kita bahas ya? ……..

KEBUTUHAN DASAR SURVIVAL

1.      Air

Seseorang dalam keadaan normal dan sehat dapat bertahan sekitar 20 – 30 hari tanpa makan, tapi orang tsb hanya dapat bertahan hidup 3 – 5 hari saja tanpa air.

Syarat-syarat fisik air bersih yang layak untuk diminum adalah tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau.

a.         Air yang tidak perlu dimurnikan : (lebih…)